Kalor

Pengertian kalor


kalor didefinisikan sebagai energi panas yang dimiliki oleh suatu zat. dalam pembelajaran ini kalor banyak di temukan dalm kehidupan sehari-hari. misalnya, memasak air dengan kompor gas, air yang semula dingin menjadi panas diakibatkan karena mendapat kalor, kalor yang diberikan air mengakibatkan suhu air naik, hal ini di kerenakan kalor bersal dari bahan bakar, yang terjadi perubahan energi kimia yang terkandung dalam gas menjadi energi kalor. untuk presntasi ppt dapat di akses, Klik di sini

Perubahan suhu benda


Kalor dapat dibagi menjadi 2 jenis

  • Kalor yang digunakan untuk menaikkan suhu
  • Kalor yang digunakan untuk mengubah wujud (kalor laten), persamaan yang digunakan dalam kalor laten ada dua macam Q = m.U dan Q = m.L. Dengan U adalah kalor uap (J/kg) dan L adalah kalor lebur (J/kg)

Perubahan wujud zat

Pada saat tertentu, umumnya zat berada dalam satu wujud zat saja. tetapi, zat berubah dari wujud yang satu ke wujud yang lain.

Perubahan dari wujud padat menjadi wujud zat cair disebut melebur atau meleleh. Misalnya, mentega berbuah menjadi minyak ketika dimasukkan ke dalam penggorengan. Perubahan dari wujud cair menjadi wujud padat disebut membeku. Misalnya, air menjadi es dalam lemari es. Perubahan dari wujud cair menjadi wujud gas disebut menguap.  Contohnya, air menjadi uap air ketika dipanaskan. Perubahan dari wujud gas menjadi cair disebut mengembun. Contohnya, embun di pagi hari terbentuk karena perubahan uap air di udara menjadi air. Perubahan dari wujud gas menjadi wujud padat disebut mengkristal atau menyublin. Contohnya, perubahan uap air menjadi salju.

Azas Black


Menurut asas Black apabila ada dua benda yang suhunya berbeda kemudian disatukan atau dicampur maka akan terjadi aliran kalor dari benda yang bersuhu tinggi menuju benda yang bersuhu rendah. Aliran ini akan berhenti sampai terjadi keseimbangan termal (suhu kedua benda sama).

Yang melepas kalor adalah benda yang suhunya tinggi dan yang menerima kalor adalah benda yang bersuhu rendah. Bila persamaan tersebut dijabarkan maka akan diperoleh :

Q lepas = Q terima

m1.c1.(t1 – ta) = m2.c2.(ta-t2)

Perpindahan Kalor


Kalor dapat merambat melalui tiga macam cara yaitu:

  1. konduksi
  2. konveksi
  3. radiasi

Untuk lebih dalam mempelajari kalor, Klik di sini

setelah mengerti materi kalor. kalian dapat mengakses percobaan lks Klik di sini dan  evaluasi di classmarker yang bapak ibu sampaikan di dalam kelas dengan menggunakan user name dan pasword yang bapak ibu berikan.

Nb. untuk Bapak sabar user name : sabar293

Tinggalkan komentar